Jumat, 30 Oktober 2015

ARTI DAN PERAN KOMUNIKASI, MANAJEMEN KOMUNIKASI, DAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI


  • Arti dan Peran Komunikasi
Kata komunikasi menurut Onong Uchjana Effendi (1992:3), yaitu berasal perkataan bahasa latin: communicatio yang berarti pemberitahuan "pemberitahuan" atau "pertukaran pikiran". Peran komunikasi sangat penting bagi manusia dalam kehidupannya sehari-hari, sesuai dengan fungsi komunikasi yang bersifat: persuasif , edukatif, dan informatif. Bila dikaitkan dengan kegiatan Public Relations, maka sarana komunikasi tersebut adalah hal yang sangat penting dalam penyampaian pesa-pesan(massages) demi tercapainya tujuan , dan pengertian bersama dengan publik, khayalak sasaranya. Unsur-unsur pokok dalam proses berkomunikasi yaitu, source, messege, channel, dan effect.

  • Manajemen komunikasi
Aktivitas publik relations merupakan manajemen komuniksasi antara organisasi dan publiknya.Artinya aktivitas utama humas, salah satunya adalah melakukan fungsi-fungsi "manajemen komunikasi" antara organisasi/ atau lembaga yang diwakilinya dengan publik sebagai khalayak sasarannya.

  1. Human Relations
  • Human relations dalam arti luas , ialah intraksin antara seseorang dengan orang atau kelompok lain, yang menyangkut hubungan manusiawi , etika,/moral , aktivitas sehari-hari pada umumnya bertujuan untuk memperoleh kepuasan bagi kedua belah pihak.
  • Kemudian human relations dalam arti sempit yaitu terjadinya suatu intraksi antara seseorang dan orang/kelompok lainya.
Prinsip-prinsip dalam human relations pada suatu lembaga atau pada sebuah perusahaan yaitu sebagai berikut:
- Importance of individual 
- saling menerima (Mutual acceptance)
- standar moral yang tinggi ( High moral standard)
- Kepentingan bersama ( common interest)
- Keterbukaan komunikasi (open communications)
- Partisipasi
    
     2. Manajemen komunikasi

Organisasi yang merupakan kerangka kerja dari suatu manajemen adalah suatu yang menunjukkan adanya pembagiaan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang jelas antara pimpinan dan bawahan dalam suatu sistem manajemen modern.

Perusahaan/ organisasi bersifat tiga dimensi yaitu sebagai berikut:
a. Komunikasi vertikal
    yakni, arus komunikasi dua arah timbal balik,yaitu komunikasi dari atas kebawah (downward comunication) dan dari bawah keatas (upward comunicatian)
b. Komunikasi horizontal
    Komunikasi horizontal merupakan komunikasi satu level yang terjadi antara para karyawan dengan karyawan lainnya, antara pimpinan satu departemen dengan pimpina departemen lainnya dalam satu tingkatan dan lain sebagainya.
c.Komunikasi eksternal
   Komunikasi eksternal berlangsung atau terjadi dua arah antara pihak organisasi / lembaga dengan pihak luar.

  • Komunikasi Dalam Organisasi
Komunikasi adalah pertukaran informasi dan penyampaian makna yang merupakan hal utama dari suatu sistem sosial atau organisasi. Berkaitan dengan komunikasi yang menurut suatu teori umum komunikasi mengandung  proses transaksional tersebut di atas , maka ada beberapa hal sebagai berikut:
a. Mempertukarkan simbol
b. membentuk makna tertentu
c. mengembangkan harapan-harapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar